Archive for category Radio Komunikasi
Twin IC-T7
Jun 14
IC-T7A dan IC-T7H ini hanya beda di power out saja.
IC-T7A = 2 watt dengan batre, 4 watt dengan DC-12V.
IC-T7H = 2 watt dengan batre, 7 watt denga n DC-13V
Firtur lain tetap sama.
Rentang frekwensi sama 40 – 999 Mhz. Mode hanya AM / FM saja.
Jadi gak bisa dengar radio komrsial krn tdk ada mode WFM walau mencover 88-108 MHz.
Pesawatterbang bisa tercover krn memounyai mode AM.
Untuk reviewnya dan cara membuka frekwensi sdh saya tulis disini http://blog.telomoyo.com/?p=117
Kelengkapan IC-T7H:
- Radio ori blm pernah diservice,
- Antena Ori
- Desktop charger Ori BC-119
- Wall charger Ori
- Batre BP-170
Kelengkapan IC-T7A
- Radio ori
- Antena non ori new
- Desktop charger Ori BC-119
- Wall charger non Ori punya Alinco
- Batre BP-180 charger
Kedua radio tsb normal fungsinya, TX/RX juga normal.
Sangat sensitif loh radio ini. Dengan radio lain gak bisa dengar, dengan radio ini bisa dengar.
kekurangan IC-T7A tombol power hrs dalam menekanya.
Kekurangan IC-T7H memakai batre AA, jd desktop charger gak kepakai.. ini msh cari batre casnya.
IC-T7A = DIJUAL
IC-T7H = TIDAK DIJUAL
Minat hubungi: 085747091947
Alinco DJ-195 for sale
Jun 11
Kondisi normal.
Fisik liat foto.
TX/RX normal.
Kelengkapan: HT + antena + desktop + wall charger, all ori kecuali antena.
Wall charger colokanya telah dimodif dengan extender cable, tp tdk merubah fungsi dan keaslianya (lihat gambar).
No belt clip, antena telanjang.
Jual apa adanya spt itu. WYSYWIG… What You See Is What You Get..
Silahkan lihat gambar tambahan.
Harga: 450.000
minat hub: 085747091947
Foto lengkap di http://shop.telomoyo.com
ada juga IC-V8 lengkap harga 500rb.
AOR AR-2001
Jun 2
Pas jalan-jalan kemarin ditempat teman liat barang ini.
Sebelumnya gak niat beli, tapi akirnya tertarik juga karena nilai antiknya.
Di produksi oleh AOR Japan pada 1984 dengan kondisi mesin masih mulussssss…..
Bodi dan panel depan juga masih mulus, kecuali keypadnya sdh dilapisi isolasi mungkin biar gak pudar.
Receiver ini menggunakan catu daya 12VDC / 1A. Tetapi dicatu dengan 0,5A pun masih kuat dan garang.
DC cord menggunakan sistem 3 kabel, untung DC cord aslinya masih ada.
Antena menggunakan konektor BNC, antena telescopic aslinya juga masih ada.
Frekwensi 25 – 525 Mhz. Artinya bisa manangkap frekwensi CB dalam mode AM di 27 MHz. Sayang sekarang yang memakai CB AM sdh jarang.
Receiver ini bia menangkap frekwensi pesawat terbang, radio FM, VHF amatir, UHF amatir, TV VHF, dll selama masih dalam jangkauan frekwensinya dan pada mode AM / FM / WFM.
Kepekaan lumayan bagus. Sayangnya tdk ada indicator sinyal s-meter. Juga tdk ada tone encoder.
Maklum produk jadoel. Waktu itu tone gak dipakai / blm familier. Maklum masih pada kelas HT garuk-garuk alias 2N.
Untuk bentuk tdk terlalu besar juga. Silahkan lihat perbandingan gambar dengan IC-T7H bersama desktopnya.
Radio ini cocok dimiliki oleh kolektor radio.
Termasuk kelas vintage.
Jika ada ingin memilikinya, bisa dilihat di http://shop.telomoyo.com
FOTO, klik utk memperbesar:
Merawat Baterai Biar Awet
May 19
Baterai NiCD
Baterai NiCD (Nickel Cadmium) terbuat dari campuran nikel dan cadmium,diproduksi pertama pada tahun 1946,kelebihan baterai ini ialah memiliki tegangan yang stabil, kelemahannya ialah baterai jenis ini memiliki memori effect,yaitu efek kristalisasi pada baterai jika tidak digunakan dalam waktu lama.
Sesuai dengan ukuran dan kapasitasnya, proses pengisian ulangnya pun cukup merepotkan. Misalnya, pengisian ulang harus dilakukan pada saat dayanya benar – benar habis. Karena baterai NiCD memiliki memory effect, semangkin lama kapasitasnya akan menurun jika pengisian belum kosong benar
Cara Merawat: Untuk baterai baru harus dicharge slama 12jam,untuk selanjutnya baterai harus dicharge saat baterai benar- benar habis.
Baterai NiMH
Baterai NiMH (Nickel-Metal Hydrade) dikembangkan tahun 1980,merupakan pengembangan dari baterai NiCD. Baterai ini tidak menggunakan campuran senyawa kimia jadi tidak berbahaya bagi lingkungan,tapi jangan pernah membuang baterai ini sembarangan ya. Kapasitas baterai NiMH 3x lebih besar dari NiCD,tapi NiMH memiliki penurunan energi lebih besar,yaitu 30% per bulan.
Baterai isi ulang ini masih memiliki memory effect namun hanya bersifat sementara. Jadi lebih fleksibel ketimbang jenis NiCD.
Gambaran singkat memory effect itu sendiri sebagai berikut: jika setiap saat Anda mengisi baterai hanya sebesar 60%, maka suatu saat baterai akan lupa bahwa masih ada ruang sebesar 40% yang belum terisi. Baterai akan menganggap 60% adalah 100% alias baterai terisi penuh. Rugi bukan? Namun efek memori tersebut hanya terjadi pada tipe baterai lama seperti NiCad dan NiMH.
Untuk pengisian ulang NIMH tak perlu menunggu benar – benar habis, namun dengan konsekuensi akan terasa cepat abis. Namun hal ini akan berlangsung sementara, saat habis isi kembali dan kemampuanya akan normal lagi
Cara Merawat: Untuk baterai lama,usahakan mengisi baterai dalam keadaan kosong. Untuk baterai baru,usahakan charge baterai selama 12jam,selanjutnya lakukan pengisian baterai sampai penuh,kemudian tunggu sekitar 20menit,kemudian cabut charge. Jangan sampai baterai panas berlebih karena akan membuat baterai cepat rusak .
Baterai Li-ion
Baterai Lithium Ion ditemukan tahun 1960,baterai ini paling banyak digunakan pada handphone saat ini,baterai ini memiliki bentuk yang ringan,kapasitas penyimpan energi yang baik,rasio penurunan energi yang kecil sekitar 5% per bulan,dan tidak memiliki memory effect.
Ketimbang kedua generasi sebelumnya, tipe ini tak lagi memiliki memory effect. Jadi anda bisa mengisi ulangnya tanpa menunggu baterai abis. Baterai li-lon memiliki “life cycle”( siklus hidup ) yang lebih pendek. Bahkan apabila di-charge berlebihan baterai lithium ion akan menurunkan kemampuanya, ketimbang NiCD atau NiMH.
Cara Merawat: Untuk baterai baru,charge sampai penuh,setelah itu lepas charge,seterusnya langsung cabut charger saat baterai full,jika terlalu lama maka akan merusak kemampuan penyimpan energinya
Baterai Li-Po
Baterai Lithium Polymer dikembangkan tahun 1996,menggunakan bahan polymer maka baterai ini mudah rusak ketika ditekan dan terjatuh,baterai ini memiliki kapasitas penyimpanan energi 20% lebih besar dari li-ion.
Ini generasi paling baru baterai isi ulang. Selain ramah lingkungan , keunggulanya di atas baterai Li-lon. Untuk perawatan baterai Lithium Polymer, tak jauh beda dengan lithium lon. Namun penangananya harus ekstra hati-hati. Mengingat sifatnya yang “liquit” dengan tekanan yang cukup keras bisa menyebabkan bentuk baterai berubah. Kelemahan Li-po justru mengharuskan kita mengisi ulang baterai jangan sampai menunggu peralatan elektronik (HP / HT / radio) mati dengan sendirinya. Atau sebisa mungkin ketika peralatan elektronik memberikan peringatan baterai lemah, langsung diisi ulang. Jika tidak, peralatan elektronik (HP / HT / radio) akan susah untuk diaktifkan karena baterai belum pulih sepenuhnya.
Cara Merawat: Pada dasarnya cara merawatnya sama seperti cara merawat baterai Li-ion,jadi tidak ada trik khusus
Bagi anda yang ingin mengetahui daftar frekwensi repeater di indonesia silahkan kunjungi http://www.telomoyo.com
Atau bisa langsung di http://www.telomoyo.com/frekwensi.htm
Disitu ada list repeter RAPI / ORARI / RPU Umum / Komunitas, lengkap dengan frekwensi input / output / tone.
Juga ada list frekwensi airband buat yang hoby mendengarkan percakapan pilot pesawat terbang yang lagi terbang.
Anda bisa juga menambahkan listnya jika diweb tersebut blm ada.
Mohon maaf untuk yang menayakan frekwensi polisi / militer / instansi TIDAK BISA kami jawab. Krn tdk etis untuk mempublikasikan frekwensi mereka.
Bagi anda yang punya kemampuan grafis, bisa membantu kami untuk mendesain halaman depan telomoyo.com
Ujian ORARI Jawa Tengah
May 8
Telah dilaksanakan ujian ORARI Daerah JAwa tengah yang diselenggarakan oleh DEPKOMINFO / c.q Balai Monitoring Frekwensi Radio kelas 2 Jateng pada tanggal 08 Mei 20011 bertempat di Purwokerto.
Jumpah peserta 127 Orang.
Dihadiri oleh wakail ketua ORARI Pusat bapak IGK Manila beserta pengurus ORDA Jateng.
Ujian kali ini untuk tingkat siaga hanya test tertulis tidak menggunakan morse.
Sedangkan tingkat penggalang dan penegak menggunakan morse.
Sedikit kritik adalah persiapan absensi yang agak kurang. Absensi hrs 6x, sebelum selsai absensi peserta sdh selesai mengerjakan soal. Jadi berebutan absesni.
Soal dikerjakan 30-60 saja sdh selesai.
Radio ini radio bagus. Dengan fitur dual frekwensi display, dual RX, Dual rotary dial, dual volume. Tapi menunya simple mudah dimengerti.
Untuk pindah dari frek A ke Frek B cukup menekan knop dial yang diinginkan.
Saya suka radio ini. Lebih mudah pengoperasianya daripada Alinco DR-620 / DR-635 yang agak rumit perpindahan frekwensi dan tdk bisa Dual RX.
Spec waktu diterima:
Power: 50W VHF / 35W UHF
Frek: 136 – 174 Mhz dan 430-470 Mhz (TX/RX).
Nah saya pingin sedikit modifikasi radio ini. Terutama saya yang termasuk hobi monitoring jika sedang jenuh mengudara. Atau frek lagi krodit saling ngejam gak karuan….
Untuk modifikasi kita harus membuka logic board radio yang terletak di head panel.
Tidak terlalu rumit, dengan obeng saja sdh bisa. Tidak ada kabel flexible didalamnya, hanya soket saja dilepas, logic board sdh terlepas.
Untuk membuka VHF di 136 – 174 MHz kita harus mengjilangkan dioda D9.
Untuk membuka UHF 320 – 950 Mhz kita harus menghilangkan dioda D10.
Untuk membuka airband 118 – 136 Mhz kita harus menghilangkan Jumper Resistor.
Untuk membuat cross band repeat kita hilangkan D6.
Perlu diketahui, rangkaian board IC-2350 ada beberapa versi. USA, ITA, EUR, KOR, AUS, ASIA. Setiap versi komponen logic unitnya ada sedikit perbedaan jumlahnya.
Komponen dioda ini sangat kecil, lebih kecil dari semut hitam. terutama yang D10. jadi harus hati-hati sekali.
Saya beberpa kali bongkar pasang untuk ekperimen. Dipasang masih blm puas bongkar lagi. Sampai mata pedih krn kaca pembesar.
Yg blm saya pahami, ada komponen D12 dan D9 yang sdh dilepas sama pemilik lama. Untuk versi USA D12 ini aslinya tdk ada. Versi lain ada. Versi USA aslinya bisa RX airband.
Semula sempat saya pasang lagi D12. Gak ngaruh apa2, saya lepas lagi. Pikiran saya ini sama aja untuk membuka airband???
2 hari kelar. Korbanya anak saya. Megang solder panas, tanganya melepuh
hasilnya:
VHF : 118 – 174 Mhz
UHF : 320 – 950 Mhz.
Bisa cross band repeat.
Lumayanlah buat saya yang msh taraf coba-coba ini. Cukup puas menggunakan radio ini.
Sayang saya blm bisa menampilkan mode VHF – VHF dilayar. Selama ini masih mode VHF – UHF. Ada yang bisa bantu triknya?, please….. help me.
Sekarang bisa dengar pesawat terbang dan koordinasi kilang cilacap yg kebakar di 855 Mhz. Sayang trunking frekwensinya jadi hrs sedikit lari-lari.
KLIK FOTO UNTUK PERBESAR:
KODE PERCAKAPAN UDARA
Apr 2
Berikut adalah Daftar Kode udara yang digunakan dalam percakapan. Untuk RAPI, ORARI dan POLISI ada sedikit perbedaan. Misal 10-2, kalau RAPI mahsudnya penerimaan sinyal… Untuk Polisi mahsudnya lokasi berada…
Kode 10 Radio Antar Penduduk Indonesia
0 – 1 PENERIMAAN BURUK | 10 – 49 TITIK PERTEMUAN DI….. |
10 – 2 PENERIMAAN BAIK | 10 – 50 BREAK,HRP KOSONGKAN KANAL |
10 – 3 BERHENTI MENGUDARA | 10 – 57 KESULITAN BATERAI |
10 – 4 BENAR/DAPAT DIMENGERTI | 10 – 59 MEMBUTUHKAN MONITOR |
10 – 5 PESAN UNTUK DISAMPAIKAN | 10 – 60 APA ADA PESAN SELANJUTNYA |
10 – 6 SEDANG SIBUK KECUALI ADA TRAFIC | 10 – 61 JALAN TDK BISA DILEWATI |
10 – 7 ADA KERUSAKAN/TDK MENGUDARA | 10 – 62 TDK DIMENGERTI, HRP VIA TLP |
10 – 8 DPT MENGUDARA/TIDAK RUSAK | 10 – 63 PEKERJAAN DILANJUTKAN DI…. |
10 – 9 PESAN AGAR DIULANG | 10 – 64 PEKERJAAN TLH SELESAI |
10 – 10 PENYAMPAIAN BERITA SELESAI | 10 – 65 MENUNGGU BRT SELANJUTNYA |
10 – 11 BICARA TERLALU CEPAT | 10 – 67 SEMUA UNIT SIAP/SETUJU |
10 – 12 MENGUNDURKSN DIRI/ADA TAMU | 10 – 68 PERTEMUAN DENGAN CARA… |
10 – 13 KEADAAN CUACA/JALAN | 10 – 69 PESAN TELAH DITERIMA |
10 – 14 INFORMASI | 10 – 70 ADA KEBAKARAN DI ….. |
10 – 15 INFORMASI SDH DISAMPAIKAN | 10 – 71 PERANGKAT YANG DIGUNAKAN |
10 – 16 HARAP DIJEMPUT/DIAMBIL PADA | 10 – 72 MENANTI PENGARAHAN |
10 – 17 ADA URUSAN PENTING/URGENT | 10 – 73 KURANGI KECEPATAN PADA….. |
10 – 18 ADA SESUATU UNTUK KITA | 10 – 74 TIDAK/NEGATIP |
10 – 19 BUKAN UNTUK KITA, KEMBALIKAN | 10 – 75 PENYEBAB GANGGUAN |
10 – 20 LOKASI TRANSMIT | 10 – 76 DALAM PERJALANAN KE….. |
10 – 21 HUBUNGAN VIA TELPON | 10 – 77 BELUM/TDK MENHUBUNGI |
10 – 22 AGAR MELAPOR KE ….. | 10 – 81 TOLONG PESANKAN KMR HOTEL |
10 – 23 STAND BY/MONITOR & MENUNGGU | 10 – 82 PESAN KAMAR UNTUK….. |
10 – 24 SELESAI MELAKSANAKAN TUGAS | 10 – 83 PERLENGKAPAN CADANGAN |
10 – 25 DAPAT MENGHUBUNGI …..? | 10 – 84 NOMOR TELEPON SAYA |
10 – 26 INFO TERAKHIR KRNG DIPERHTKAN | 10 – 85 ALAMAT SAYA DI ….. |
10 – 27 PINDAH KE KANAL | 10 – 86 NOPOL KENDARAAN |
10 – 28 IDENTITAS/CALL SIGN | 10 – 89 BUTUH MONTIR RADIO DI….. |
10 – 29 WAKTU U/ HUB TELAH HABIS | 10 – 90 MENDAPAT GANGGUAN TV (SPLETER) |
10 – 30 TIDAK MENTAATI PERATURAN | 10 – 91 AGAR BICARA DEKAT MIC |
10 – 31 SISTEM ANTENNA | 10 – 92 PERANGKAT PERLU DI TUNE-UP |
10 – 32 RADIO CHECK/REPORT RST | 10 – 93 CHEK KETEPATAN FREKUENSI |
10 – 33 KEADAAN DARURAT/KECELAKAAN | 10 – 94 BICARA PANJANG |
10 – 34 ADA KERUSAKAN, MOHON BANTUAN | 10 – 95 TRANSMIT SELAMA 5 DETIK |
10 – 35 INFORMASI RAHASIA | 10 – 96 JAMMER |
10 – 36 PUKUL BERAPA SEKARANG | 10 – 97 TES JARUM SIGNAL PERANGKAT |
10 – 37 ERLU MOBIL DEREK DI ..… | 10 – 98 PULANG KEMBALI DR TUGAS |
10 – 38 PERLU AMBULANCE DI….. | 10 – 99 TUGAS SELESAI SEMUA SLMAT |
10 – 39 PESAN ANDA TELAH DISAMPAIKAN | 10 – 100 PERLU KE KAMAR MANDI |
10 – 40 PERLU DOKTER DI ….. | 10 – 200 PERLU BANTUAN POL DI ….. |
10 – 41 SILAHKAN PINDAH KANAL | 10 – 300 PERLU PMD KEBAKARAN DI … |
10 – 42 ADA KECELAKAAN DI….. | 10 – 400 PERLU BANTUAN TIBUM DI … |
10 – 43 ADA KEMACETAN LALIN DI….. | 10 – 500 PERLU BANTUAN PROV DI … |
10 – 44 ADA PESAN UNTUK ANDA | 10 – 600 PERLU BANTUAN GARNISUN DI.. |
10 – 45 DLM JANGKAUAN, HRP LAPOR | 10 – 7(X) PERLU BANTUAN SAR DI … |
10 – 46 PERLU BANTUAN MONTIR | 10 – 8(X) PERLU BANTUAN PLN DI … |
10 – 47 WAKTU BERANGKAT KIRA2 | 10 – 9(X) PERLU BANTUAN DI ….. |
10 – 48 WAKTU TIBA | |
51 SALAM KELUARGA | 73 BEST REGARD |
55 SALAM SEJAHTERA | 88 LOVE AND KISSES |
Kode Udara Polisi
KOMANDO = KANTOR/POSKO | TKP = TEMPAT KEJADIAN PERKARA. |
PANGKALAN = RUMAH | TKA = SITUASI AMAN TERKENDALI |
TARUNA = BERITA/KEJADIAN | TIKUS = PENCURI |
KANDANG = GUDANG | KOTAK BESI = KENDARAAN RODA EMPAT |
KUDA BESI = KENDARAAN RODA dua | GANTI KULIT = GANTI SHIFT |
MERUMPUT = MAKAN | ISI BENSIN = MINUM |
1 -1 = HUB LWT TELEPON | 1 – 2 = MENGHADAP POSKO |
1 – 4 = HUB LWT HT | 8 – 4 = TESTING RADIO. |
8 – 1 = KOMUNIKASI KURANG JELAS | 2 – 2 = TERJADI KEMACETAN |
4 – 4 = KUALITAS SUARA BAIK | 3 – 3 = TERJADI KECELAKAAN |
6 – 1 = TERJADI PERAMPOKAN | 6 – 2 = TERJADI PENCURIAN |
6 – 3 = TERJADI PENGANIAYAAN | 6 – 5 = TERJADI KEBAKARAN |
6 – 7 = TERJADI DEMONSTRASI | 8 – 6 = MENGERTI |
8 -7 = DILAPORKAN KEPADA….. | 8-1-0 = TDK MENGUDARA / OFF |
8-1-1 = TERIMAKASIH DAN STANBY | 8-1-3 = SELAMAT BERTUGAS |
8-1-5 = KEADAAN CUACA | 8-1-6 = JAM/WAKTU |
10 – 2 = POSISI DIMANA | 10 – 8 = TUJUAN KE…. |
BUTIR-BUTIR = ANGGOTA | ANGIN ANGIN = DEMONSTRAN (PESERTANYA) |
3-3-8 = PEMBUNUHAN | 3-6-3 = PENCURIAN |
8 – 8 = KETEMU LANGSUNG | 2-8-5 = PEMERKOSAAN |
3-6-5 = PERAMPOKAN | 8-1-4 = PEMBICARAAN TERLALU CEPAT |
8-1-9 = SITUASI | SEMUT = PELAJAR |
LALAT = MAHASISWA | GAJAH = MOBIL BESAR / BUS |
TIMOR LOMBOK PATI = TELEPON | HALONG TIMUR = HT |
KUPANG REMBANG = KENDARAAN | KENDAL CEPU = KECAMATAN |
REMBANG REMBANG = SERSE | REMBANG SOLO = RUMAH SAKIT |
AMBON PATI = ANGGOTA POLRI | AMBON DEMAK = TNI AD |
PATI MEDAN = POLISI MILITER | TIMOR MEDAN = TAMU / TEMAN |
KRESNA = PRESIDEN | BIMA = WAPRES |
TIMOR I = KAPOLRES | LOMBOK2 / LIMA2 = LALIN |
TIMOR LOMBOK = LAMPU LALIN | OPAK PATI SOLO = DEREK |
LOMBOK PATI = KANTOR POLISI | LOMBOK IRIAN = SURAT |
BANDUNG BANDUNG = BARANG BUKTI | SOLO GARUT =SIAGA |
MEDAN DEMAK = MENINGGAL DUNIA | PATI AMBON MEDAN = PENGAMANAN |
AMBON PATI PATI = APEL | DEMAK PATI KENDAL = MOBIL PEMADAM |
2 – 1 = OPERASI LALU LINTAS… AWAS,,, | 5 -4 = TERJADI DEMONSTRASI |
8-7 = sampaikan berita ini ke.. | 8-8 = ia sedang sibuk tidak ada ditempat |
8-9 = hubungi lewat telpon apabila ada berita penting(rahasia) | 8-1-0 = pesawat dipadamkan,yg bersangkutan sedang istirahat |
3-0-3 = ada perjudian di…. | 8-1-1 = kembali mengudara/memancar kembali |
3-5-1 = ada perkelahian menggunakan | 8-1-2 = mohon diulang kembali beritanya tidak jelas |
8-1-4 = informasi atau laporannya terlalu cepat,berbicara yg lamba | 8-1-3 = siap melaksanakan tugas selanjutnya |
2-2 = lakukan razia penumpang dikendaraan di…. | 2-3 = lakukan pengawasan orang yg dicurigai/orang bersenjata tajam di… |
3-3 = M,kecelakaan lalik hanya kerugian material | 3-3 = L,Kecelakaan lalin hanya korban luka ringan |
3-3 = K,kecelakaan lalin korban meninggal dunia | 3-4 = M,kecelakaan lalin hanya kerusakan,tsk melarikan diri |
3-4 = K,kecelakaan lalin korban meninggal dunia,tsk melarikan diri | 3-4 = L,kecelakaan lalin korbn luka luka,tsk melarikan diri |
4-1 = kerusakan di… | 3-2 = anggota polri dlam bahaya memerlukan bantuan |
4-3 = tahanan melarikan diri,memerlukan bantuan | 5-2 = sedang ada perkelahian |
5-3 = sedang ada kerusuhan | 5-4 = sedang ada demontrasi |
8-4 = bagaimana penerimaan? | 8-1 = penerimaan suara lemah |
8-2 = penerimaan suara baik | 8-3 = penerimaan tidak jelas,agar gunakan alat penghubung ( telp) |
8-5 = sementara berhenti memancar kecuali dalam darurat | 9-1 = tugas mengawal |
9-2 = tugas mengawal tamu agung | 9-4 = tugas m engawal bahan peledak |
Q code for use in amateur radio (ORARI and International Code)
Code | Question | Answer or Statement |
QRA | What is the name (or call sign) of your station? | The name (or call sign) of my station is … |
QRG | Will you tell me my exact frequency (or that of …)? | Your exact frequency (or that of … ) is … kHz (or MHz). |
QRH | Does my frequency vary? | Your frequency varies. |
QRI | How is the tone of my transmission? | The tone of your transmission is (1. Good; 2. Variable; 3. Bad) |
QRJ | How many voice contacts do you want to make? | I want to make … voice contacts. |
QRK | What is the readability of my signals (or those of …)? | The readability of your signals (or those of …) is … (1 to 5). |
QRL | Are you busy? | I am busy. (or I am busy with … ) Please do not interfere. |
QRM | Do you have interference? | I have interference. |
QRN | Are you troubled by static? | I am troubled by static. |
QRO | Shall I increase power? | Increase power. |
QRP | Shall I decrease power? | Decrease power. |
QRQ | Shall I send faster? | Send faster (… wpm) |
QRS | Shall I send slower? | Send slower (… wpm) |
QRT | Shall I stop sending? | Stop sending. |
QRU | Have you anything for me? | I have nothing for you. |
QRV | Are you ready? | I am ready. |
QRW | Shall I inform … that you are calling him on … kHz (or MHz)? | Please inform … that I am calling him on … kHz (or MHz). |
QRX | When will you call me again? | I will call you again at … (hours) on … kHz (or MHz) |
QRZ | Who is calling me? | You are being called by … on … kHz (or MHz) |
QSA | What is the strength of my signals (or those of … )? | The strength of your signals (or those of …) is … (1 to 5). |
QSB | Are my signals fading? | Your signals are fading. |
QSD | Is my keying defective? | Your keying is defective. |
QSG | Shall I send … telegrams (messages) at a time? | Send … telegrams (messages) at a time. |
QSK | Can you hear me between your signals? | I can hear you between my signals. |
QSL | Can you acknowledge receipt? | I am acknowledging receipt. |
QSM | Shall I repeat the last telegram (message) which I sent you, or some previous telegram (message)? | Repeat the last telegram (message) which you sent me (or telegram(s) (message(s)) numbers(s) …). |
QSN | Did you hear me (or … (call sign)) on .. kHz (or MHz)? | I did hear you (or … (call sign)) on … kHz (or MHz). |
QSO | Can you communicate with … direct or by relay? | I can communicate with … direct (or by relay through …). |
QSP | Will you relay a message to …? | I will relay a message to … . |
QSR | Do you want me to repeat my call? | Please repeat your call; I did not hear you. |
QSS | What working frequency will you use? | I will use the working frequency … kHz (or M Hz). |
QST | - | Here is a broadcast message to all amateurs. |
QSU | Shall I send or reply on this frequency (or on … kHz (or MHz))? | Send or reply on this frequency (or on … kHz (or MHz)). |
QSW | Will you send on this frequency (or on … kHz (or MHz))? | I am going to send on this frequency (or on … kHz (or MHz)). |
QSX | Will you listen to … (call sign(s) on … kHz (or MHz))? | I am listening to … (call sign(s) on … kHz (or MHz)) |
QSY | Shall I change to transmission on another frequency? | Change to transmission on another frequency ( or on … kHz (or MHz)). |
QSZ | Shall I send each word or group more than once? | Send each word or group twice (or … times). |
QTA | Shall I cancel telegram (message) No. … as if it had not been sent? | Cancel telegram (message) No. … as if it had n ot been sent. |
QTC | How many telegrams (messages) have you to send? | I have … telegrams (messages) for you (or for …). |
QTH | What is your position in latitude and longitude (or according to any other indication)? | My positio n is … latitude…longitude |
QTR | What is the correct time? | The correct time is … hours |
QTU | At what times are you operating? | I am operating from … to … hours. |
QTX | Will you keep your station open for further communication with me until further notice (or until … hours)? | I will keep my station open for further communication with you until further notice (or until … hours). |
QUA | Have you news of … (call sign)? | Here is news of … (call sign). |
QUC | What is the number (or other indication) of the last message you received from me (or from … (call sign))? | The number (or other indication) of the last message I re ceived from you (or from … (call sign)) is … |
QUD | Have you received the urgency signal sent by … (call sign of mobile station)? | I have received the urgency signal sent by … (call sign of mobile station) at … hours. |
QUE | Can you speak in … (language), – with interpreter if necessary; if so, on what frequencies? | I can speak in … (language) on … kHz (or MHz). |
QUF | Have you received the distress signal sent by … (call sign of mobile station)? | I have received the distress signal sent by … (call sign of mobile station) at … hours. |
QWM | Will you marry me? | I will marry you. |
First Twelve Q Codes Listed in the 1912 International Radiotelegraph Convention Regulations
Code | Question | Answer or Notice |
QRA | What ship or coast station is that? | This is ____. |
QRB | What is your distance? | My distance is ____. |
QRC | What is your true bearing? | My true bearing is ____ degrees. |
QRD | Where are you bound for? | I am bound for ____. |
QRF | Where are you bound from? | I am bound from ____. |
QRG | What line do you belong to? | I belong to the ____ Line. |
QRH | What is your wavelength in meters? | My wavelength is ____ meters. |
QRJ | How many words have you to send? | I have ____ words to send. |
QRK | How do you receive me? | I am receiving well. |
QRL | Are you busy? | I am busy. |
QRM | Are you being interfered with? | I am being interfered with. |
QRN | Are the atmospherics strong? | Atmospherics are very strong. |
AVIATION / Penerbangan
Altimeter Settings
Code | Meaning | Sample use |
QFE | Atmospheric pressure at sea level, corrected for temperature and adjusted to a specified datum such as airfield elevation, when set on the altimeter it reads height | Runway in use 22 Left, QFE 990 millibars |
QFF | Barometric pressure at a place, reduced to MSL using the actual temperature at the time of observation as the mean temperature | |
QNE | Atmospheric pressure at sea level in the International Standard Atmosphere (ISA), equal to 1013.25 mbar or hPa and used as reference for measuring the pressure altitude | |
QNH | Atmospheric pressure at mean sea level (may be either a local, measured pressure or a regional forecast pressure (RPS)). When set the altimeter reads altitude | Request Leeds QNH |
Radio Navigation
Code | Meaning | Sample use |
QDM | Magnetic heading to a station | (callsign) request QDM (callsign) |
QDR | Magnetic bearing from a station | (callsign) request QDR (callsign) [ |
QFU | Magnetic bearing of the runway in use | Runway 22 in use, QFU 220 |
QTE | True bearing from a station | True bearing, True bearing, (callsign) request QTE (callsign) |
QUJ | True bearing to a station |
Radio Procedures
Code | Meaning | Sample use |
QSY | Free-call another frequency (no longer an official part of the standard phraseology, but still heard regularly) | Golf Alpha Bravo QSY Doncaster 126.225 |
QGH | controller interpreted VDF procedure |
Membuat Repeater
Apr 1
Spesifikasi: UHF Band
Radio : Dua buah Yaesu FT-1807R
Duplexer : 6 cavity.
COR : Jenis Radio tone with remote DTMF
Menggunakan 2 unit radio Yaesu FT-1807R yang dibeli dari dealer di jakarta.
Antena menggunakan merek diamond buatan japan.
Karena direncanakan hanya menggunakan satu buah antena saja, maka disini saya gunakan duplexer 6 cavity.
Oh ya duplexer, radio tone, kabel konektor yang sebesar lidi tapi kuat dibeli dari HK.
Untuk duplexer menggunakan N-Konektor. Semula saya sempat kesulitan mencari N-Konektor yang benar-benar pas buat alat ini. Coba beli di salah satu toko radio di jateng, konektornya mudah sekali lepas jarumnya. Jadi terpaksa beli lagi yang patent dari HK juga.
Bodi menggunakan box audio yang dari besi. Sdh ada lubang kupas dibelakang. Tp hrs di bor lagi dibeberapa titik untuk sekerup dan konektor.
Rangkaian power didalam box yang terlihat di gambar semula dirancang untuk radio tone/COR, karena trouble maka rangkaian power tsb jadinya hanya untuk menghidupkan kipas pendingin saja.
Kabel konektor menggunakan teflon jenis apa lupa, besarnya sebesar lidi tapi bisa untuk power 150 watt.
Kesulitan yang saya dapat adalah saat pemasangan radio tone / C.O.R.
Di dalam spec disebutkan power consumption is 12V dan ada adaptor bawaan. Tapi begitu dipasang adaptor bawaan maka radio akan TX terus.
Saya coba ambilkan dari main power suply externa yang untuk radio RIGnya, masih juga TX terus.
Saya coba buatkan rangkaian power suply dan diletakan didalam box, masih juga TX trs. Pusiingggg…..
Setelah coba beberapa kali dan beberapa hari maka bisa diatasi dengan solusi power suply radio tone ini hrs diluar box. Tdk boleh ada yang bersentuhan dengan box, walau itu grounding / kabel negatifnya. Jika bersentuhan maka akan TX sendiri.
Dan trafo untuk radio tone harus benar-benar yang bagus. Saya coba dengan trafo dipasaran gak bisa. Akirnya pakai trafo bekas TV hitam putih.
Radio tone ini juga perlu dibongkar dan dimodifikasi. Jack konektor yang saya beli (rekomendasi dari situs penjual), gak cocok semua, kurang panjang. Bongkar dan solder langsung di komponen dalamnya.
Untuk perakitan tidak memakan waktu lama.
Test dari beberapa tempat untuk mendapatkan seting terbaik. Kadang ada suara gemrodok… karena grounding radio tone jadi satu dengan bodi box repeter. Anehnya jika TX dibawah 500 meter tdk terjadi masalah itu. Jika lebih dari 500 meter suara gemrodok. Tapi jika grounding tdk dijadikan satu, suata gemrodok hilang….
Ketinggian antena 5 meter dari tanah. Muter2 untuk testing. 10 KM msih bisa buka repeter dengan ketinggian antena 5 meter.
User menggunakan HT 5 watt.
Power rating original 50Watt. Tetapi setelah dirangkai dengan duplexer power jadi 35-40W. Mungkin ini adalah efek redaman dari duplexernya. Nilai SWR antena 1:1,1.
Kenwood TR-751A
Feb 27
Radio ini termasuk jarang yang punya.
Beda dengan TR-9130 banyak banget pemiliknya. Tidak tahu kenapa radio jenis ini jarang dijumpai di pasaran.
Mode USB / LSB masih oke (jalan).
IC final pakai M57727, keluar 25W di 13,8V (masih standarnya).
Cat cover atas bawah repaint, kondisi fisik biasa saja.
Cat depan asli.
Tombol-tombol fungsi jalan semua. Tapi tombol reset, DCL, CHL, C.SQ gak tahu untuk apa / bagaimana mengfungsikanya.
Knop off/on aslinya ditekan. Tapi yang ini sdh dirubah di putar untuk on/offnya. Potensio aslinya masih ada disimpan.
RITT / RF Gain berfungsi normal.
Mic tdk asli, punya TM241.
DC Cord tdk asli. No Braket.
Daleman masih mulus, lihat gambar.