Kali ini saya dapat Icom IC-R3 NOS alias New Old Stok. Dapat dari salah satu instansi.
Kondisinya kayaknya lama tersimpan. Dus nya sdh tdk keliatan spt baru. Maklum mungkin di taruh saja di instansi tsb. Tp kalau Radionya dijamin masih mak nyuss krn emang baru.
Kotak / kardus wall charger yang satu unit ada kehitaman dikit krn lama disimpan. Tp bukan jamuran loh. Hanya sedikit saja.. Mungkin krn kertas dismpan lama jd spt itu.

Yang disayangkan adalah wall chargernya 120V. Yach sama sekali tdk bisa digunakan disini (Indonesia).
Satu unit langsung saya potong kabelnya, disambungkan dengan charger lain. Toh wall charger 120V bawaanya ini benar2 gak bisa dipakai.

Kelengkapan Radio ini: Unit + Belt Clip + Wall charger 120V + Batre lithium + Spare batre untuk isi batre AA + Manual.
Semua blm pernah dipakai… tepatnya hanya dipakai untuk test saja.

Receiver ini adalah UNBLOCK version. Spt kita tahu, untuk versi USA sono yang beredar adalah yang selular block. Jadi frekwensi 815 – 870 MHz tdk bisa diakses. Padahal di frewkensi itu ada banyak yang mengudara spt polisi, instansi, dll. Juga 900 – 1300 Mhz versi USA tdk bisa diakses.
Yang saya miliki 2 unit ini adalah UNBLOCK, jadi semua frekwensi bisa diakses, No GAP. Frekwensi 100 Khz – 2450 Mhz.

Untul LCD saya blm tahu ini versi NTSC atau PAL. Krn saya test untuk TV blm bisa. Lokasi saya sangat jauh dari relay TV. Untuk nonton TV saja saya hrs pakai parabola. Jadi blm bisa test untuk jenis LCD nya.

Test secara umum bagus. Fungsi normal semua. Penerimaan amatir, Radio bradcast, airband semua oke. Sayang tempat saya jauh dari kota besar. Frekwensi UHF, 800 Mhz, 2400 Mhz (camera) tdk bisa ditangkap walau dengan antena tinggi. Jika nanti di kota besar akan saya coba kemampuanya.
Yang saya suka dari receiver ini VERY FAST SCANNING. Dari sekian banyak pesawat yang saya coba, blm ada yang mampu scaning secepat IC-R3.

Kalau menggunakan main LCD akan boros batre. Maka bisa digunakan sub LCD, yang LCD kecil dibawah itu. Jika hanya untuk monitor saja sebaiknya gunakan sub LCD dengan mode save power. Batre akan hemat sekali. Jika pakai external power suply bisa diguankan main LCD. Kecuali lagi jalan2 dekat hotel kalau mau scaning HIDDEN CAMERA di hotel biar keliatan videonya, sebaiknya bawa batre tambahan yang awet. Spt batre eneelop yang bisa di cas ulang.

Rencana satu unit saya pakai sendiri, satu unit saya lepas. Gak mungkin saya pakai semua heheheheheh

Berikut beberapa penampakan dari IC-R3. KLIK untuk perbesar………